• Jl. Gunung Batu, Nagreg Kendan
  • desanagregkendan07@gmail.com

Pemuda Melek IT, Corong Pemkab Bandung Promosikan Pariwisata

03 Desember 2018 Admin Desa Berita Lokal Dibaca 77 Kali

Berkembangnya penggunaan teknologi informasi saat ini, membuat sebagian besar masyarakat mendapatkan segala kemudahan beraktivitas, tak terkecuali dalam bidang promosi pariwisata daerah. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung Drs. Agus Firman Zaini.,M.Si sesuai membuka acara Pelatihan Penggerak Pariwisata Era Digital di Aula Gedong Budaya Sabilulungan (GBS) Soreang, Rabu (28/11/2018).

 

“Masyarakat era digital saat ini, sangat bergantung pada kecanggihan IT (Informasi dan Teknologi) dalam beraktivitas. Nah Indikator kinerja kita kan memang menciptakan branding untuk mempromosikan pariwisata dan budaya Kabupaten Bandung ke dunia luar. Dengan kondisi itu, kita kawinkan antara promosi wisata dan budaya dengan animo masyarakat mengakses informasi,” ungkap Agus Firman didampingi Sekretaris Disparbud Cecep Hendrawan.

 

Dalam menyongsong era digital yang semakin keras lanjutnya, dibutuhkan para penggerak pariwisata dari kaum milenial yang melek IT. Bukan tidak mungkin, para kaum muda yang senang berselancar di media sosial ini, bisa membangun branding pariwisata dan budaya khas dari wilayahnya masing-masing, yang akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat.

 

“Sektor pariwisata dan budaya ini sangat berkontribusi pada PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kabupaten Bandung. Branding, promosi dan marketing pun harus dibangun komprehensif dengan melibatkan berbagai stakeholder termasuk masyarakat,” paparnya.

 

Untuk itu tambahnya, kegiatan pelatihan tersebut merupakan salah satu program untuk percepatan kualitas SDM pariwisata. Guna mencetak tenaga profesional untuk pemahaman dan pengembangan potensi pariwisata, khususnya di Kabupaten Bandung.

 

“Untuk promosi pariwisata yang ‘menjual’, tentunya SDM nya juga harus memadai, strategi kita kali ini ya melibatkan kaum milenial yang sudah akrab dengan era digital,” imbuh Kepala Disparbud.

 

Melalui pelatihan penggerak pariwisata tersebut kata dia, agen marketing untuk mempromosikan pariwisata di Kabupaten Bandung ini, diharapkan mampu berkontribusi pada peningkatan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bandung. “Saya harap, seluruh peserta hari ini bisa menjadi agen mempromosikan destinasi wisata yang ada di wilayah masing-masing. Bikin wisatawan penasaran untuk datang ke Kabupaten Bandung, bikin nyaman, aman, tertib, betah, bahagia bahkan cipatakan sebuah kenangan dari setiap destinasi yang dikunjungi oleh para wisatawan itu,” terangnya.

 

Sementara, Sekretaris Disparbud Kabupaten Bandung Cecep Hendrawan menambahkan, pariwisata seringkali dipersepsikan sebagai mesin penggerak ekonomi atau penghasil devisa bagi pembangunan ekonomi di suatu Daerah. Namun disamping itu, tujuan mempertahankan cagar alam, seni, dan tatanan kebudayaan didaerah kita pun menjadi tujuannya.

 

“Pariwisata itu harus dibangun dengan 4 A, yakni Atraksi dan daya taris wisata itu sendiri, Aksesibilitas yang tersedia sebagai sarana dan prasarana yang menunjang pariwisata, Amenitas atau fasilitas pendukung pariwisata seperti hotel, tempat ibadah, pusat oleh-oleh dan lainnya, serta Agency seperti kawan-kawan yang hadir di sini,” terang Hendrawan sapaan akrabnya.

Dia menyebutkan, hingga pertengahan tahun 2018 jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bandung mencapai 1,2 juta jiwa. Untuk itu, dengan diberikannya pelatihan kepada 100 orang pemuda yang terdiri dari HPI (Himpunan Pemuda Indonesia) Kabupaten Bandung, Karang Taruna dan GenPI (Generasi Pesona Indonesia), diharapkan bisa ikut mendongkrak jumlah kunjungan tersebut.

 

“Dengan menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya, saya harap semua peserta nantinya bisa berkontribusi dalam mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan untuk terus bertambah,” cetusnya.

 

Pada kesempatan itu, turu hadir sebagai narasumber Pakar Fotografi dan praktisi komunikasi Dudi Sugandi, konsultan media dari ayomedia.com dan CNN.

 

Baca selengkapnya disini

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar