Dadang Naser: ‘Usai Pemilu, Utamakan Persatuan dan Kesatuan’

Admin Desa | 24 Mei 2019 02:24:01 | Berita Lokal | 91 Kali

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung menyelenggarakan Upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-111 tingkat Kabupaten Bandung. Bupati Bandung H. Dadang M. Naser, yang bertindak selaku Inspektur Upacara mengatakan, Harkitnas merupakan momentum yang tepat bagi bangsa Indonesia untuk bangkit dan bersatu. 

“Tema Harkitnas ‘Bangkit untuk Bersatu’, merupakan momentum yang sangat tepat. Indonesia baru saja usai melaksanakan pemilu serentak, di berbagai daerah tentu ada beda pandangan, pendapat dan pilihan, ini negara demokrasi. Namun yang terpenting adalah persatuan dan kesatuan,” ujar Bupati disela-sela kegiatan yang berlangsung di Lapangan Upakarti Soreang tersebut, Senin (20/5/2019).

Indonesia sudah dirintis sejak jaman Palapa-nya Gajah Mada, juga pada jaman Budi Oetomo. Para pejuang telah mengorbankan harta, tenaga bahkan nyawa demi kemerdekaan bangsa. “Di hadapan kita terbentang tantangan global. Jangan sampai pengorbanan para pendahulu kita menjadi sia-sia karena kita tidak bisa menjaga persatuan dan kesatuan. Demi keutuhan bangsa, maka Pancasila lah yang harus dikedepankan,” imbuh Dadang Naser.

Sebagai ideologi dan dasar negara, lanjut Dadang, Pancasila harus dijadikan perilaku dan karakter bangsa Indonesia dalam berbangsa dan bernegara. “Gotongroyong yang merupakan pengejawantahan dari sila ke-3 Pancasila, erat kaitannya dengan persatuan. Kita pasti memiliki perbedaan, seperti terkandung dalam semboyan bhinneka tunggal ika, meski berbeda-beda tapi tetap satu tujuan yaitu untuk keutuhan bangsa Indonesia,” lanjut Dadang pula.

Ia berharap harkitnas dapat dimaknai sebagai hari untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, apalagi silaturahmi menurut ajaran agama Islam sangat penting. Terlebih lagi, harkitnas pada tahun ini berbarengan dengan bulan suci Ramadan.

“Persatuan itu wajib hukumnya, disandingkan dengan silaturahmi. Ini bulan ramadan, bulan yang penuh rahmat dan berkah. Semoga kita mampu memetik hikmah bulan ramadan, di saat kita juga memperingati Harkitnas. Bangkit untuk bersatu, bersatu untuk bangkit,” pungkas Dadang.

Wakil Bupati (Wabup) Bandung H. Gun Gun Gunawan menambahkan, bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) harkitnas harus dijadikan kesempatan untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat. Seluruh Perangkat Daerah (PD) diharapkan berkomitmen menuntaskan program-programnya.

“Harkitnas ke-111, kita harus bangkit sebagai abdi negara dan pelayan masyarakat. Tentunya hari ini bisa dijadikan kesempatan bagi kita untuk bangkit, memberikan yang terbaik bagi masyarakat. Semua Perangkat Daerah berkomitmen, program yang belum selesai harus tuntas, selain itu juga harus aman dari segi pelaporan, administrasi dan pertanggungjawaban,” ujar Wabup.

Terkait tema harkitnas tahun ini, yaitu ‘Bangkit untuk Bersatu’, Gun Gun menilai saat ini karakter kebersamaan dan gotong royong, dirasakan mulai luntur dari bangsa ini. “Harkitnas merupakan momen yang tepat bagi seluruh komponen masyarakat, golongan dan suku, untuk bersama-sama membangun bangsa ini. Kita berikan contoh kepada masyarakat, bahwa dengan bekerja secara Sabilulungan, tidak ada yang tidak bisa kita wujudkan,” pungkas Gun Gun.

Baca Selengkapnya Disini

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Info Media Sosial

Sinergi Program

Kabupaten Bandung Jawa Barat Mendagri
Kemendes Portal Desa

Peta Desa

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Gunung Batu, Nagreg Kendan
Desa : Nagreg Kendan
Kecamatan : Nagreg
Kabupaten : Bandung
Kodepos : 40215
Telepon :
Email : desanagregkendan07@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung